Rabu, 09 September 2009

STONY FIELD FARM

STONYFIELD FARM Membuat Blog untuk Berkomunikasi Secara Organik
Kisah Stonyfield Farm tampaknya layak disebut sebagai legenda. Pada tahun 1983, dua orang sahabat dan aktivis sosial, Gary Hirschberg dan Samuel Kaymen, memulainya dengan sebuah resep yogurd. Produk ini diperuntukkan bagi konsumen yang mementingkan produk kesehatan dan lingkungan. Dalam waktu yang cepat perusahaan ini berkembang dengan cepat sehingga menduduki perusahaan organik terbesar ke-3 di dunia. Penjualan tahunan telah mencapai lebih dari $50 juta di 50 negara bagian. Produk yang dihasilkan setiap tahunnya lebih dari 18 juta kemasan yogurt setiap bulannya.
Pihak manajemen perusahaan merasa kuatir akan kehilangan kedekatan dengan pelanggannya yang sudah setia dan memiliki komitmen yang baik. Relasi dengan konsumen saat ini dilakukan dengan menggunakan media iklan tradisional. Hal ini memerlukan biaya yang sangat mahal. Hasil kinerja dari media iklan ini untuk menjalin relasi dengan pelanggan juga tidak begitu baik. Perusahaan merasa tidak benar-benar “terhubung” dengan pelanggannya. Stonyfield memiliki beberapa newsletter e-mail yang aktif dengan anggota 500000 orang.
Saat ini perusahaan ini mengembangkan blog untuk membuat hubungan dengan konsumen menjadi lebih “dekat”. Pendapat perusahaan tentang penggunaan blog ini adalah “Blog memberikan kita apa yang kita sebut jabat tangan dengan pelanggan” dan “akses lebih kepada kita sebagai orang yang memiliki misi” . Perusahaan ini memulai blog karena yogurt untuk bayi merupakan salah satu lini produknya yang paling populer, dan blognya tentang bagaimana menjadi orang tua yang baik tampaknya menarik lebih banyak pembaca.
Perusahan ini meluncurkan dua blognya, dan terus menerus mengirimkan muatan-muatan baru untuk masing-masing blog. Pembaca dapat mendaftar untuk kedua blog ini dan secara otomatis mendapatkan berita terbaru. Kinerja blog ini bagi perusahaan belum dapat diukur.
Pertanyaan :
1. Bagaimana blog membantu perusahaan tersebut menyelesaikan permasalahan kompetisi dalam industri.
2. Apakah keuntungan dan kerugian dari menggunakan blog untuk perusahaan seperti StonyField Farm.

JAWABAN :

1. Menurut saya, blog dapat membantu perusahaan untuk menyelesaikan masalah kompetisi dalam industri. Dalam kasus StonyField Farm ini, perusahaan pintar memilih “produk” yang dijual dalam blog (perusahaan memilih salah satu lini produknya yang paling popular untuk dibahas dalam blog). Dengan blog ini, perusahaan bisa terus mengupdate info terbaru tentang produk-produknya, hal ini dapat memberikan dampak bahwa konsumen akan tertarik dan kemudian sering untuk mengunjungi blog StonyField Farm. Karena itu, merek produk dari StonyField Farm akan lebih tertanam dalam benak konsumen dan ketika konsumen berbelanja dalam sebuah supermarket misalnya, maka ketika melihat sebuah produk yoghurt maka yang pertama teringat dan kemudian dibeli adalah StonyField Farm dibanding yoghurt dari produk perusahaan lain. Menurut saya, belum ada perusahaan yoghurt lain yang menggunakan pendekatan dengan cara ini, kebanyakan perusahaan lain hanya menggunakan media iklan. Sehingga ketika StonyField Farm menggunakan pendekatan blog ini, akan menjadi sebuah keunggulan kompetitif bagi StonyField Farm. Ini tentu akan membantu StonyField Farm ketika bersaing dengan industri lain.
2. Keuntungan menggunakan blog bagi perusahaan StonyField Farm :
Seperti yang kita ketahui, pada umumnya blog berisi pemikiran pribadi, cerita pribadi, dan bahkan berisi tentang pemasaran sebuah produk. Blog juga mendapat tempat yang popular di mata masyarakat. Melalui blog, sebuah perusahaan dapat memposting info-info terbaru tentang produk-produknya dan melalui blog pula para pembaca dapat diminta untuk menuliskan komentar-komentarnya (kritik dan saran) mengenai produk perusahaan sehingga akan tercipta hubungan yang lebih erat antara perusahaan dengan pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan blog perusahaan dapat melakukan promosi dengan harga yang lebih murah ketimbang memasang iklan di media cetak/televisi. Kembali ke masalah StonyField Farm, makanan organic saat ini sedang menjadi tren, banyak sekali produk-produk organic yang dipasarkan. Menurut saya, StonyField Farm membidik celah lain yang cukup unik untuk memasarkan produknya yaitu lewat blog. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi StonyField Farm, karena akan membedakan mereknya dengan perusahaan lain. Selain itu, dengan blog tersebut pembaca bisa turut serta untuk berpendapat dengan menuliskan komentar dan bisa juga antar pembaca blog saling berinteraksi. Melalui blog ini, maka akan memberikan dampak positif bagi perusahaan karena secara otomatis konsumen akan selalu teringat dengan produk StonyField Farm karena mereka pernah berinteraksi dengan blog StonyField Farm, dan StonyField Farm diuntungkan dengan kuatnya image produk StonyField Farm dalam benak konsumen.
Kerugian menggunakan blog bagi perusahaan StonyField Farm :
Menurut saya, kerugian menggunakan blog adalah alat ini hanya sekedar meningkatkan kesadararan merek konsumen akan StonyField Farm. Merek StonyField Farm bisa diingat kuat dalam benak konsumen. Blog kurang bisa mempengaruhi tingkat perilaku konsumen untuk akhirnya membeli produk StonyField Farm. Mungkin konsumen banyak yang mengunjungi blog tersebut dan kemudian turut serta dalam berkomentar, akan tetapi pada prakteknya belum tentu konsumen tertarik untuk membeli produk. Kerugian lainnya adalah StonyField Farm merupakan produk makanan, jadi ketika pemasarannya hanya menggunakan blog, konsumen menjadi kurang tertarik. Biasanya, untuk produk makanan konsumen lebih tertarik jika diberi sample makanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar